Share it

Jumat, 08 Juli 2011

(cerpen) kamu lebih sempurna daripada orang lain yang sempurna

ya tuhan..apa ini takdir hidupku?
aku tidak pernah meminta ini. aku juga tak pernah mau ini semua.
tapi kau telah berikan ini pada ku. aku bisa apa saat itu? aku hanyalah makhluk kecil  yang hanya bisa menerima keadaan.
kalau saja aku bisa meminta,  ya tuhan jangan ciptakaan aku dengan kekurangan sedikit pun. 
tapi apalah gunanya ku terus meminta. ini semua sudah kau perhitungkan baik baik saat aku masih dalam kandungan ibuku.
dari mulai rezeki ku,jodohku,hidup dan mati ku,bahkan bagaimana bentuk fisik ku.

aku sudah ada ketika sekumpulan cairan bersatu, menjadi segumpal darah, berubah menjadi segumpal daging yang tak berbentuk. dan perlahan daging itu berbentuk sedikit demi sedikit menjadi bagian dari tubuh ku ini.
bentuk itu kian sempurna yang dilindungi oleh sebuah gelembung yang suatu saat siap untuk pecah.
**********

#Menit Pertama Ku Merasakan Kehidupan#

Suara tangisan bayi. itu suara ku, terdengar sesaat setelah ku mulai bisa bernafas. dengan lendir yang memenuhi kerongkonganku. membuat nafas ku tersengal sengal.
suara tangisan ku terdengar di semua sisi ruangan ini. aku merasakan sentuhan lembut dari seseorang,aku juga merasakan ada cairan yang masih menyelimuti seluruh tubuhku. Dingin. aku merasakan kedinginan.
tak lama aku merasakan usapan usapan lembut dan seakan cairan (darah) yang kurasa tadi mulai hilang dari tubuhku. aku mendengar suara orang orang yang gembira karna kehadiranku. lalu aku merasakan kehangatan.

TAPI!!! Cahaya? mana cahaya? sejak tadi ku tak sedikitpun melihat setitik cahaya dari mataku. ada apa ini?
atau mungkin aku belum saatnnya merasakan cahaya masuk kedalam mata ku.
tapi apa mereka sadar kalau aku tak melihat cahaya sedikitpun?

suara adzan terdengar dari sisi telingaku. sosok laki laki yang membisikan adzan untuk ku. mungkin dia adalah papah ku.
*******

#8 Bulan ku hidup di dunia.#

"bintang sayang"  kurasakan sentuhan dari tangan lembut ibuku.kurasa ibu sedang berusaha mengajak ku bercanda.
tapi sampai saat ini aku pun belum bisa lihat apa apa. ada apa ini?

"pah Bintang kok enggak ngerespon ya? tatapan matanya selalu lari dari ku. setiap ku berbicara seolah olah dia mencariku,padahal aku ada disampingnya"
"mungkin dia belum mengerti mah"
aku mendengar percakapan mereka berdua. hatiku berkata "aku tak melihat sesuatupun di sekelilingku mah. gelap semuanya gelap"
aku rasa mereka belum sadar kalau dari awal ku hidup ku tak pernah melihat cahaya sedikitpun.

beberapa minggu kemudian.

aku mencium bau tak enak. ini bau obat obatan. lalu aku merasa ada seseorang yang berusaha melihat mata ku. dia membuka kelopak mataku. lalu setelah itu aku kembali merasakan dekapan hangat ibuku.
"bu,pak maaf kalau saya merusak kebahagiaan anda. anak anda mengalami cacat permanen sejak anak ini lahir. kedua matanya tak berfungsi."
******
kata kata itu menghancurkan semua kabahagiaan ku. mereka tak mau mempunyai anak cacat sepertiku. ini bukan mau ku ,ini tuhan yang berikan padaku. apa aku bisa menolaknya? tidak kan. tuhan telah menciptakan ku dalam bentuk yang sebaik baiknya. tapi mengapa mereka tak menerima keadaanku. aku hanyalah bintang kecil yang tak bisa menolak semua pemberian tuhan.

orang tua ku membawa ku kesebuah panti asuhan saat umurku hampir 1 tahun. mereka tak mau merawatku, mereka malu punya anak sepertiku.
setengah bulan ku dirawat di panti asuhan. aku diadopsi oleh sebuah keluarga kecil. mereka mau menerima keadaanku. tak seperti kedua orang tua kandungku.
orangtua baru ku tetap memberi nama ku, sama seperti yang diberikan kedua orangtua kandungku. "BINTANG ROSE"
arti nama Bintang adalah cahaya yang menerangi malam yang kelam. walau aku tak bisa melihat cahaya, aku mau suatu saat nanti bisa menjadi cahaya yang menerangi kehidupan orangtua kandungku,dan orang tua yang merawat ku sekarang. dan Rose (Mawar) bunga yang cantik dengan batang yang berduri. duri itu berfungsi sebagai pelindung dia.
aku akan tumbuh menjadi gadis cantik yang bisa melindungi diriku sendiri dan melindungi orang" yang kusayang.
*******

aku bahagia di keluarga baru ku ini. walau aku masih menyimpan rasa kecewa pada orang tua kandungku.karna mereka telah mencampakan ku hanya karna aku seorang anak yang cacat. tapi aku tak pernah membenci mereka. karna mereka aku ada disini.

saat umurku berusia 9 tahun. ibu yang selama ini merawat ku meninggal dunia. hal itu yang paling membuatku sedih, aku begitu sayang padanya. dia yang selalu ada disamping ku.memberikan semangat untukku.
ayah bilang padaku " jadilah anak yang tegar,yang bisa menjaga diri sendiri dan orang lain. gantikan posisi ibu dihati ayah. jangan tinggalkan ayah. jadi bintang buat ayah yang menerangi kehidupan ayah"
"bintang akan selalu jadi bintang kehidupan ayah, dan gak akan pernah pergi dari hati ayah dan ibu"

aku tak pernah melihat bagai mana rupa papah dan mamah kandungku. aku juga tak pernah melihat bagai mana rupa ayah dan ibuku. bahkan yang paling parah aku tak pernah melihat bagaimana paras wajah ku. tapi ibu selalu bilang pada ku kalau aku adalah gadis kecil yang cantik.dan aku percaya itu.
*****
sejak aku mulai menginjak bangku sekolah, aku mulai akrab dengan cemoohan orang,hinaan orang tapi ayah dan ibu pernah bilang padaku.
"KAMU ADALAH BINTANG YANG PALING SEMPURNA. KAMU LEBIH SEMPURNA DARI ORANG LAIN YANG SEMPURNA,KARENA KAMU BINTANG YANG MEMBUAT AYAH DAN IBU BERCAHAYA"
****

setelah ibu meninggal dunia. ayah yang merawat ku seorang diri. bahkan ayah mengajariku bermain piano. walau mata ku buta, tapi kata ayah aku masih punya mata hati yang tidak buta. aku masih bisa memainkan not not piano menggunakan hati ku.ayah tak pernah lelah mengajari ku bermain piano hingga aku dewasa dan sudah mahir bermain piano ayah selalu mendampingiku.

sekarang usia ayah sudah semakin bertambah. tanpa sepengetahuan aku ayah sering sakit sakitan.
minggu depan untuk pertama kalinya aku akan tampil di sebuah acara besar. aku akan bermain piano di depan banyak orang. selama seminggu penuh aku berlatih keras didampingi ayah.

malam hari sebelum acara berlangsung ayah bicara pada ku.
"besok jangan buat ayah kecewa. ayah mau mendengar kamu bermain piano dengan sempurna. berikan ayah yang terbaik. lakukan apa yang seharusnya kamu lakukan walau tak sebahagia yang kamu rasakan"
"maksud ayah?"  aku tak mengerti apa maksud kata kata ayah yang terakhir. tapi ayah tak menjawab pertanyaan ku. ayah hanya mengusap lembut rambutku.

pagi ini aku diantar supir. kata mang iman(supir), ayah akan nyusul, ayah masih ada kerjaan.
tapi aku merasa ada perasaan yang beda di hati ku.

saat aku naik keatas panggung aku dibantu mang iman, dan aku membawa tongkat. saat mereka tau bahwa aku gadis buta, aku mendengar suara orang orang yang heran melihat ku. tapi aku biasa aja.
saat aku mulai menyentuh not pertama ku, suara menjadi hening. mereka menikmati tarian jari jari ku memainkan not not piano. saat not terakhirku berakhir. suara sorak sorak kagum dan ribuan orang bertepuk tangan. membuat ku tersenyum. tapi sesaat saja senyumku meluntur saat mang iman membisikan ku sesuata dari belakang.
"non, tuan meninggal dunia"

kaget,sedih,kecewa. apa ini yang dikatakan ayah semalam?. lakukan apa yang seharusnya aku lakukan walau tak sebahagia yang kurasakan. aku sekarang merasa tubuhku melayang tak menentu, kepalaku mulai pusing, aku benar benar gak tau apa yang sebenarnya sedang aku rasakan. aku tak mau mengeluarkan airmataku di depan orang banyak,. aku mencoba menahan airmataku.
lalu aku meminta sedikit waktu untuk berbicara di depan.

saat aku mulai bicara, semua kembali menghening
"hari ini adalah hari pertama ku bermain piano di depan banyak orang. aku senang aku bangga. aku sadar sekarang kalau yang dikatakan kedua orang tua ku benar. kalau AKU LEBIH SEMPURNA DARI ORANG LAIN YANG SEMPURNA. dan kata ayah ku, walau aku buta tapi mata hati ku tidak buta" air mata ku mulai menetes
"sebenarnya orangtua ku yang selama ini merawat ku bikan orang tua kandungku. mereka yang mengajarkan ku semua tentang hidup. saat usiaku menginjak 9 tahun, ibu yang selama ini merawat ku meninggal dunia, dan ayah ku yang merawat ku sendirian. dan baru lima menit yang lalu ayah ku meninggalkan ku untuk selamanya. tadi malam dia sempat bicara padaku. lakukan apa yang seharusnya ku lakukan walau tak sebahagia yang kurasakan. aku berharap ini adalah kado terindah buat ayah dan ibuku disurga. ayah ibu aku sayang kalian, aku akan menjadi bintang hidup kalian dan akan selamanya menjadi bunga rose kalian." terdengar isak tangis dari penonton aku pun juga menangis.

dari belakang aku merasakan dipeluk dua orang. dan ternyata itu mamah dan papah kandungku. ternyata seminggu yang lalu ayah berusaha menghubungi kedua orang tuaku untuk melihat ku berada di atas panggung ini.
"maafkan papah dan mamah ya bintang, kami khilaf waktu itu, mau kah kamu kadi bintang hidup kami kembali"
"aku tak pernah membenci kalian mah, pah. jadi mamah dan papah tak perlu minta maaf . aku janji aku akan jadi bintang hidup kalian"
*******

****aku akan menjadi bintang hidup semua orang dan menjadi bunga ros kalian. karna aku adalah sesorang yang lebih sempurna dari orang lain yang sempurna***** :) 




(tulisan:dessy)

Kamis, 09 Juni 2011

cinta tak bisa dipisahkan walaupun maut yang memisahkan


shalsya dan ricky mereka berdua memang berteman..tapi yang unik dari mereka berdua yaitu mereka selalu bertengkar,,ya yang pasti mereka bertengkar karna ulah jail si ricky..

tiap hari ada aja cara ricky untuk membuat shalsya  jengkel..
tapi dari kebiasaan mereka itu,,selama 3 tahun mereka berteman gak pernah yang namanya musuhan walaupun ricky selalu membuat shalsya jengkel..

teman-teman mereka sampai pusing kalau sudah ngeliat mereka bertengkar...
mereka berdua sudah seperti tikus dan kucing yang selalu bertengkar..
saat shalsya sedang ngoceh jengkel pada ricky,,teman shalsya si angel nyeletuk..
"woy!!kalian itu sehari aja bisa gak sih gak usah ribut..nanti lama-lama kalian saling cinta loh"
shalsya dan ricky langsung kompak menepis omongan angel..
"NAJIS AMIT-AMIT!!!"
"tuh kan kalian aja jawabnya udah kompak..wah kalau jodoh mah gak kemana..wkowkowko"

seusai angel bicara mereka melanjutkan pertengkaran mereka..mereka tak peduli dengan omongan angel..
**
suatu hari keluarga shalsya di timpa musibah,,usaha bapaknya bangkrut,,sekarang utang keluarganya banyak dimana-mana..
bahkan rumahnya yang bagus itu harus di sita BANK untuk melunasi hutang hutang keluarganya..
shalsya akhirnya harus pindah rumah ke kontrakan yang amat kecil..dan juga dia harus pindah sekolah ke sekolah yang lebih murah biayanya,,karna keluarga shalsya masih harus membiayai sekolah kedua adik shalsya yang masih duduk di bangku SD,,sedangkan shalsya sebagai anak pertama belum bisa bantu apa-apa karna shalsya masih duduk di bangku SMU..
saat shalsya pindah sekolah,,shalsya meminta pada guru-gurunya agar tak memberi tau kepada teman-temanya kalau dia pindah sekolah..shalsya pun tidak pamit pada ricky saat pindah sekolah..

esok harinya ricky bingung kenapa shalsya tidak masuk sekolah,,di absen kelas shalsya ditulis alfa..
dua hari berlajut shalsya tak kunjung masuk sekolah..
ricky mulai bingung kemana shalsya??
sebelumnya dia gak pernah gak masuk sekolah tanpa izin..
sepulang sekolah ricky memutuskan untuk pergi kerumah shalsya..sampai di rumah shalsya yang dulu ricky kaget,,karna ternyata rumah shalsya sudah di segel dan di tulis.."RUMAH INI DISITA" setelah tau rumah shalsya disita ricky berniat untuk menghubungi shalsya,,tapi nomer handphone shalsya tidak aktif..
(ya shalsya juga menjual handphonenya untuk meringani keuangan keluarga)
saat ricky benar-benar bingung dia langsung mencari orang disekitar rumah sahlsya untuk menanyakan keberadaan shalsya sekarang..
"bu yang punya rumah ini pindah kemana?"
"saya gak tau mereka pindah kemana,,soalnya mereka gak pamit sama warga sini kalau mau pindah..usaha keluarga mereka bangkrut dan rumah mereka harus disita.."
"oh ibu gak tau ya..yaudah bu makasih infonya"

ricky tambah bingung kenapa shalsya pindah gak pamit,,dia juga gak cerita apa-apa ke ricky..
besoknya shalsya berniat untuk mengambil berkas-berkas sekolah yang ketinggalan..
shalsya datang ke sekolah saat jam pelajaran,,supaya gak ada teman-temannya yang tau kalau shalsya datang ke sekolah..
tapi beruntungnya ricky,,saat jam pelajaran ricky meminta izin keluar untuk ke kamar kecil..
saat keluar dari kamar kecil,, ricky gak sengaja ngeliat shalsya keluar dari kantor kepala sekolah..
langsung ricky lari menghampiri shalsya..

"sya kamu kemana aja?"
"aku pindah rick"
"sya tunggu aku sebentar jangan kemana-mana"

ricky langsung lari menuju kelas..
tanpa sepengetahuan shalsya,,ricky masuk kelas dan beralasan pada guru yang sedang mengajar di kelas,,kalau dia sedang gak enak badan dan minta izin untuk pulang lebih awal..
akhirnya ricky di izinkan pulang..
keluar dari kelas sambil membawa tas, ricky menghampiri shalsya..
"rick kamu ko bawa tas?"
"aku alasan sakit dan minta izin pulang,,ayo kamu ikut aku ke rumah aku.."

sampai di rumah, ricky menanyakan masalah keluarganya shalsya..
"sya kenapa kamu gak cerita sih kalau papah kamu bangkrut?? aku kan mau jadi sahabat kamu yang bisa selalu ada disaat kamu sulit,bukan cuma jadi temen ribut kamu doang sya"
"maafin aku rick..iya papah bangkrut dan aku harus pindah..maafin aku ya rick aku gak pamit sama kamu kalau aku pindah..oya aku gak bisa lama-lama di sini aku harus pulang.."
"yaudah aku anterin kamu pulang biar aku tau kamu tinggal dimana sekarang"

setelah mengantar shalsya pulang..ricky sekarang tau shalsya tinggal dimana..
dan setelah itu ricky sering main kerumah shalsya..
tapi sekarang ada yang beda dari ricky,,sifat jailnya ricky sekarang dikit-dikit mulai hilang,,sekarang ricky berubah menjadi teman yang sangat CARE buat shalsya..

dan sekarang shalsya mulai sering mikirin ricky..dan ricky pun juga begitu,,selalu kepikiran shalsya terus..
mereka berdua sempat berfikir apa mungkin omongan angel waktu itu bakalan terjadi..

dan akhirnya benar omongan angel dulu benar terjadi,,ricky udah gak bisa nahan perasaanya pada shalsya..akhirnya ricky bilang semua perasaannya pada shalsya,,dan mereka pun jadian..
selama mereka berpacaran banyak masalah yang mereka hadapi,,tapi mereka berusaha mengatasi masalah dengan baik-baik.
selama 5 tahun sudah hubungan mereka berjalan,,banyak orang yang iri sama hubungan mereka berdua karna bisa berjalan baik-baik..bahkan mereka dijulukin sebagai ROMEO&JULIET...
setelah 5 tahun mereka berpacaran,,mereka sudah lulus KULIAH dan masing masing sudah kerja..
dan umur mereka pun semakin matang untuk melanjutkan ke hubungan yang lebih serius,,

akhirnya ricky melamar shalsya sebagai istrinya..

dan hari ini janji suci mereka  akan diikat dalam sebuah pernikahan..
hari ini shalsya akan tampak lebih cantik dengan gaun pernikahan yang cantik..

shalsya tiba di gedung penikahan lebih awal karna shalsya akan di make up langsung di gedung itu..
saat dalam perjalanan ke tempat pernikahan ricky sudah tidak sabar ..
shalsya pun juga begitu..
tapi saat shalsya ingin keluar kamar rias ,,gaun shalsya tersangkut paku,,dan gaunnya agak sedikit rusak,,dengan cepat gaunya di perbaiki..
perasaan shalsya sekarang berubah menjadi rasa khawatir..PERTANDA APA INI??
shalsya masih nunggu ricky datang,,5 menit shalsya nunggu, ricky belum juga datang..

akhirnya ricky sampai di depan gedung,,tapi mobil ricky berhenti di pinggir jalan.. saat ricky hendak turun dari mobil,,,ricky gak sadar kalau dibelakang ada mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi..
akhirnya takdir berkata lain..ricky tertabrak dan terlempar hingga tubuhnya di penuhi darah akhirnya ricky meninggal di tempat itu juga..
dari luar gedung supirnya ricky lari dan memberitau shalsya dengan kejadian itu..
"mba shalsya mas ricky kecelakaan di depan"
shalsya shock dan langsung lari ke depan tanpa menggunakan alas kaki..
shalsya nangis saat melihat calon suaminya berlumuran darah dan sudah tak bernyawa..lalu shalsya pingsan dan jatuh di atas tubuh ricky..
gaunya yang cantik sekarang berlumuran darah ricky..
shalsya langsung di bawa ke rumah sakit karna keadaan shalsya memburuk.
jenazah ricky segera di urus oleh keluarganya..
saat dirumah sakit shalsya masih menggunakan gaunnya itu yg penuh darah,,selama 2jam dia tak sadarkan diri..
saat sadar shalsya langsung nanya dimana ricky berada,,
"ricky dimana,,ricky dimana?"
ibunya shalsya hanya bisa menangis,dan yg menjawab papahnya shalsya...
"sayang ricky ada ko.nanti dia datang"

akhinya shalsya sudah di bolehkan pulang kerumah..
sampai di rumah shalsya duduk di teras dan dia juga masih menggunakan gaunnya itu..

"sya ganti baju yu"bujuk ibunya 
"bu ricky mana kan kita mau menikah"
akhirnya papahnya memberitau yg sebenarnya
"sya ricky sudah meninggal"
shalsya langsung nangis berontak,gak karuan..saat shalsya menangis shalsya tiba-tiba merasa dibisikan sesuatu oleh ricky..
"sya ayo kamu bangkit,,aku memang pergi tapi aku akan selalu menjaga kamu,,aku akan selalu ada di hati kamu,,hapus air matamu sya..aku sayang sama kamu..ayo sya kamu bangkit.."
setelah shalsya mendengar itu shalsya langsung tenang dan menghapus air matanya..
dia langsung ganti gaunnya dan meminta ibunya untuk diantarkan ke makam ricky..
disana shalsya mendoakan ricky dan dia berjanji pada ricky
"WALAU KAMU SEKARANG SUDAH TIADA,AKU YAKIN KAMU TETAP ADA DIHATIKU..CINTA KITA AKAN SELALU ADA DI HATIKU..I LOVE YOU RICKY"

*THE END*

Tak Selamanya Harta Membuat Hidup Bahagia


Aku namanya talita, aku hidup di keluarga kecil yang bisa dibilang cukup mapan. Keluargaku hanya terdiri dari papah ku yang bernama Egar Sinoman. ibuku bernama Rahayu Dwi Anggita. Dan aku sendiri yang bernama Talita Sinoman Anggita.

Mungkin banyak orang yang iri sama kehidupanku yang selalu tercukupi, tapi sesungguhnya hidupku tak terlalu menyenangkan. Dari kecil aku takbisa bergaul dengan teman sebaya ku.
Aku tinggal di sebuah perumahan elit yang mungkin orang’’ di daerah rumahku terlalu sibuk sama pekerjaannya sampai aku tak pernah melihat ada anak kecil sebayaku yang bermain keluar rumah,mungkin anaknya dititipkan di sebuah tempat penitipan anak kali ya??

Walaupun aku anak satu satunya dirumah ini,tapi aku merasa kurang perhatian dari kedua orang tua ku. Mereka berdua hanya ngurusin pekerjaannya masing masing. Kadang aku malah iri sama keluarga kecil lainnya yang hidup serba pas pasan tapi anaknya tak sama sekali merasa kekurangan kasih sayang.

Pernah waktu itu aku ngambek sama papah dan ibuku karna mereka berdua dari pagi sampai malam hanya berada dikantor tanpa peduli kondisiku dirumah.
Dan waktu itu aku pernah sakit tifus tapi kedua orang tuaku sama sekali gak tau kondisiku, akhirnya aku dirawat dirumah sakit. Dirumah sakit aku marah sama otang tua ku.
“ papah,sama mamah engga peduli sama aku!! Kalian berdua hanya sibuk ngurusin harta kalian masing masing. Harta gak akan dibawa sampai mati!! Gimana kalau aku sakit lebih parah dari ini dan papah sama mamah baru tau aku sakit setelah nyawaku melayang, apa kalian bisa membuat aku untuk hidup lagi? Aku kesepian mah dirumah aku gak punya temen, aku juga butuh kasih sayang kalian”
“maafkan kami sayang, tapi ini semua untuk masa depan kamu.. kalau kamu kesepian nanti papah carikan pembantu supaya dirumah kamu ada yang nemenin”
“terserah kalian berdua!!”

Dalam hati aku menangis. Segitu pentingnya harta sampai aku di kesampingkan?? Dan mereka berdua semudah itu bilang akan dicarikan pembantu. Yang aku butuh kalian berdua bukan pembantu!!

Esok harinya mamah membawa pembantu ke rumahku. Pembantu itu seorang janda muda anak satu.
Dia membawa anaknya sekalian ke rumahku. Anaknya sebaya denganku, dia seorang laki laki bernama randy sudrajat. Aku memanggil pembantuku mbok..
Aku cukup seneng karna sekarang aku punya teman dirumah.
Aku juga minta ke papah untuk menyekolahkan randy di sekolah yang sama dengan ku.
Tiap hari teman ku ya hanya randy. Dia satu satunya orang yang tau semua rahasia ku.
Di cukup ganteng, disekolah dia juga banyak yang suka.
**
Waktu aku masuk sma, mbok nikah sama seorang duda. Dan mbok engga tinggal lagi dirumahku,itu berarti randy juga. Aku sedih waktu randy akan pergi dari rumah, tapi aku engga bisa maksa randy untuk tetep tinggal dirumahku. Dia pindah keluar kota.
**
Suatu hari papah dan mamah ada bisnis di Singapur. Aku ditinggal sendiri dirumah.
Selama 2 minggu papah dan mamah berada diSingapur.

Pagi ini aku tak ada kegiatan, otomatis aku hanya duduk menatap layar televisiku, di ruang tengah yang cukup luas. Aku merasa sangat kesepian semenjak mbok,dan randy pindah. Suasana sunyi banget. Siang ini papah dan mamah sudah akan sampai rumah, karna tadi subuh papah dan mamah sudah berangkat untuk pulang ke rumah.

Tapi tiba tiba,berita yang gak enak aku liat di televisi. Mobil Alpart bernomer polisi “L 401A ER” kecelakaan di ruas tol Surabaya. Mobil itu mobil yang menjemput papah dan mamah di bandara. Aku terkejut, aku masih gak percaya yang terjadi. Tiba tiba telfon rumah berdering .
Aku mengangkatnya dengen tangan bergetar.
“halo lita,ini om sigit papah dan mamah meninggal nak”
********
Setelah kepergian mamah dan papah, aku menjadi yatim piatu yang tinggal dirumah sebesar ini. Tapi sekarang aku sudah gak sendiri aku dajak mbok beserta suaminya,dan randy tinggal dirumah mereka yang sederhana. Rumahku yang mewah ku jual dan hasilnya ku bagikan ke orang’’ yang membutukan. Sekarang aku punya keluarga kecil baru. Dan aku tidak merasakan kesepian seperti dulu.
Tapi aku gak benci sama papah dan mamah, walaupun selama ini aku merasa kekurangan kasih sayang dari mereka aku tetap menyayangi mereka setulus hatiku..
LOVE MOM AND DAD :*



Kamis, 12 Mei 2011

cinta seorang ayah


Aku seorang dokter  yang berkerja di rumah sakit ** Jakarta..
Malam ini aku masih berada di ruang suster,lantai 7..masih ada satu pasien lagi yang harus aku periksa malam ini..
Jam sudah menunjukan pukul 21.30,aku segera menuju kamar 709a..
Pasien yang dirawat dikamar itu bernama pak suwiryo berumur 55 tahun..
Baru sore tadi pak suwiryo masuk rumah sakit ini karena serangan jantung..
Sesampainya di kamar itu aku mulai memeriksa pak suwiryo..
Stletoskop ku tekan ke dadanya sambil ku dengarkan alur nafasnya..
Detak jantungnya tidak teratur.. kadang pelan,kadang cepat bahkan terlalu cepat..
Saat ku memegang bahunya pak suwiryo membisikan sesuatu padaku..
“dok maukah kamu?”
Lalu nafasnya mulai melambat..langsung aku menambahkan oksigennya menjadi 8 litter per menit..
Lalu dia mulai melanjutkan omongannya..
“maukah kau Bantu saya menghubungi anak saya”
“iya pak saya akan segera menghubungin anak bapak”
“bisakah membuatnya untuk datang kesini lebih cepat,.dia satu satunya keluarga yang saya punya”dengan suara melemas pak suwiryo berbicara..
“saya akan berusaha secepatnya pak”

Lalu aku rapihkan selimut pasien itu dankeluar dari kamar itu..
Tapi saat ku ingin menutup pintu,,tiba-tiba pak suwiryo meminta sesuatu
“dok bolehkah saya meminta selembar kertas dan sebuah pen?”
Lalu aku berikan bapak itu selembar kertas kuning dan sebuah pen yang ku ambi dari saku jas ku..
Langsung segera ku pergi menuju ke ruang suster untuk mencari dokumen  pak suwiryo..
Aku menemukan satu nomer yang bisa ku hubungi

Suara telfon sudah tersambung,lalu seseorang  mengangkatnya dari sebrang sana..
“saya dokter.selvi riyanti dari rumahsakit ** Jakarta.bapak suwiryosore ini masuk rumah sakit karna terserang penyakit jantung..apakah anda bisa segera kesini untuk sekedar menengoknya?”
“saya akan segera ke sana dok..tolong tangani ayah saya dengan baik”
“iya saya akan merawatnya,disini keadaan ayah anda masih stabil”
“dok jangan biarkan dia meninggal”suaranya terdengar sedang menangis
“dok tolong Bantu ayah saya untuk hidup.beberapa bulan ini saya  tidak bicara apalagi ketemu,,karna terakhir saya bertemu ayah saya,kita bertengkar hebat.hanya karna pacar saya,dan saya kabur dari rumah. Dan yang paling membuat saya bersalah, kata terakhir yang saya katakan padanya kalau saya membenci dia,,sesungguhnya tidak seperi itu.”
“saya akan segera kesana 30 menit lagi tolong terus perhatikan ayah saya”

Dalam hati ku berkata..
Ya tuhan, maafkan kata-kata anak itu,sesungguhnya dia tak benar-benar membenci ayahnya.tolong berikan kesempatan dia untuk memeluk ayahnya dan meminta maaf pada ayahnya.

Aku segera lari menuju kamar 709a. sesaat  tubuhku beku di depan pintu kamar 709a.
Tubuh bapak itu sudah tergolek tak berdaya.aku mencoba memeriksa denyut nadinya tapi aku tidak merasakan sedikitpun detakan denyut nadinya..
Tubuhku melemas fikiran ku buntu. Secara reflek aku mencoba untuk memberikannya nafas buatan..

2 kali kucoba memberikan nafas buatan tak juga ada perubahan. Tak tinggal diam kulanjutkan dengan memompa jantungnya. Tapi tak juga berpengaruh besar.
Aku baru sadar disudut kamar itu ada alat pemasu detak jantung.lalu kucoba tempelkan alat itu tepat didadanya.. tubuhnya ku setrumkan dan terloncat sedikit.
Tapi apalagi yang bisa kulakukan dia benar benar sudah tak bernyawa.

Ku pencet tombol merah di samping ranjang pasien dan beberapa menit kemudian suster dating. Tubuhku melemas dan perlahan ku mundur. Tubuh pak suwiryo sekarang sudah ditutupi selimut hingga mukanya juga ssudah tertutup.
Aku sadar ternyata Janie anak pak suwiryo sudah berada di depan pintu kamar ini. Aku menatap Janie dengan penuh kecewa. Aku sudah lali seharusnya aku lebih cepat kembali kekamar ini pasti Janie masih bisa melihat ayahnya hidup.

Aku merangkul Janie dan berbisik “maafkan saya” Janie hanya terdiam dan perlahan dia mendekati ranjang pasien. Dia duduk tepat disamping ayahnya. Lalu dia nangis dan menenggelamkan mukanya di selimut  yang menutupi tubuh ayahnya..

Dia tersadar ada secarik kertas yang terselip di selimut ayahnya.. kertas kuning yang tadi aku berikan pada pak suwiryo. Pak suwiryo menulis surat untuk Janie..

“Janie ayah sudah memaafkan mu. Ayah sayang sama kamu, ayah juga minta maaf kalau ayah gak bisa membuat mu bahagia.janie ayah mau kamu bahagia ayah sayang kamu Janie.
Love Janie”

Janie mengusap air matanya dan menatap sebuah bintang diluar sana melalui jendela kamar. Dia tersenyum menatap bintang itu. Dia berharap bintan yang peling terang itu adalah ayahnya.
Dan Janie berkata “Janie sayang ayah”
                                       **THE END** 

Jumat, 29 April 2011

CERITA CINTA ANTARA PERSAHABATAN..

dina dan bima mereka berdua bersahabat..
tapi dibalik status mereka yang hanya seorang sahabat..ternyata diam-diam dina menyimpan rasa suka atau mungkin malah sayang sama bima..
namun sampai saat ini bima belum mengetahui kalau ternyata sahabatnya itu menyimpan perasaan lebih padanya..

begitu sayangnya dina pada bima...dina rela ngelakuin apa aja yang bisa membuat bima senang..
dan dina selalu berusaha untuk jadi orang yang selalu ada di saat bima membutuhkan..

suatu hari saat reunian SMP'a bima..bima mengajak dina untuk ikut menghadiri acara reunian sekolahnya..
tapi seperti biasa bima meminta sesuatu dari dina...
dulu bima  pernah pacaran sama riska,,riska perempuan cantik di sekolah bima dulu..
tapi sekarang bima dan riska sudah menjadi mantan..
dan bima ingin balikan sama riska..
bima meminta dina untuk ngobrol dengan riska untuk nanya'' tentang dia saat acara reunian nanti..
sebenarnya saat tau itu hati dina sakit seperti teriris sembilu,ingin airmatanya menetes dan mengalir ke kedua pipinya tapi di tahan agar tak setitik air mata pun jatuh ke pipinya..
tapi dina akan tetap nurutin permintaan bima..

saat di acara reunian itu bima memperkenalkan dina kepada teman" SMP'a,,dan juga terutama pada riska mantan pacarnya itu,,sebagai sahabatnya..
dan akhirnya dina mengajak riska untuk berbincang-bincang berdua..
awalnya hanya basa basi,,tapi tak lama berbasa basi dina mulai bicara ke topik utamanya,, yaitu menanyakan tentang bima..

"ris,,kamu mantannya bima ya?"
"iya din,, memang kenapa?"
"gpp aku nanya doang..kalian putus kenapa?"
"kita waktu itu putus karna aku harus pindah ke luar kota"
"oh,,kamu sekarang udah punya pacar lagi?"
"belom din.."
"kenapa belum?kamu masih ada perasaan sama bima?"
"gak papa,,aku udah gak ada perasaan lagi sama bima"
"ris,,!! tapi bima suka cerita tentang kamu ke aku kayanya dia masih sayang sama kamu..dia juga pernah bilang ke aku kalau dia pengen balikan sama kamu" (bohong sedikit,,sebenarnya bima sama sekali gak pernah cerita apa-apa sama dina,, dina baru tau riska mantan bima saja tadi sebelum berangkat ke acara reunian ini)

"din,,tapi aku udah gak ada rasa sama dia"
setelah dengar jawaban riska,, dina terdiam.. akhirnya dina memilih untuk jujur..
"ris,,!!"
"ia din"
"hmmm,,sebenernya aku sayang sama bima,tapi bima gak tau kalau aku sayang sama dia,,aku gak mau ngancurin persahabatan aku sama bima.. ris!!,,aku pengen liat bima seneng,, kamu mau ya aku deketin lagi sama bima..aku gak papa ko.. emang sakit untuk aku, tapi ini semua buat bima"
 riska terdiam sebentar dan menggenggam tangan dina..

"din gak salah kalau kamu sayang sama bima walaupun kamu sahabat bima..tapi kalau itu yang kamu mau aku turutin kemauan kamu..din sabar ya suatu saat nanti bima akan tau isi hati kamu"
"rin makasih ya"

setelah perbincangan itu dina pulang,dan sampai di rumah bima,dina bilang sama bima kalau riska masih ada perasaan sama bima..
*sebenarnya gak sama sekali,,dalam hati dina,,dina menangis tapi dina tak ingin bima tau perasaannya sekarang..

setelah kebohongan dina itu,,akhirnya riska dan bima mulai dekat kembali..
ya saat itu hati dina sakit teramat sakit,,dina mulai tersingkirkan,,dina mulai di cuekin  sama bima..
bima hanya deket sama dina sekedar meminta bantuan agar riska mau balikan sama dia..

akhirnya suatu hari bima ke rumah dina dengan waja yang gembira..
dan tenyata bima bilang kalau dia dan riska sudah balikan..

saat itu juga dina mutusin untuk tidak lagi hadir di hidup bima..
dan esok harinya dina mengirim sepucuk surat untuk bima

"bima sahabat baik ku.
aku senang kamu bisa balikan sama riska..di sini aku turut bahagia atas apa yang kamu rasaain sekarang..
bima selama kita sahabatan mungkin kamu gak pernah terbesit sedikitpun perasaan lebih untuk aku..
tapi maaf mungkin ini emang salah ku..
bim.. selama ini aku nyimpen rasa sayang sama kamu..
aku rela ngelakuin apa aja asal kamu bahagia.. dan sekarang aku udah bisa membuat kamu bahagia.
bima setelah surat ini kamu terima aku gak akan ganggu kamu lagi,,aku akan pergi jauh dari hidup kamu.. surat ini aku tulis saat aku menangis ... surat ini isi hati ku..
terimakasih kamu udah mau jadi sahabat ku..
maaf aku nodai persahabatan kita dengan perasaanku ini..
semoga kamu dan riska bisa bahagia."


surat itu diterima bima..setelah bima menerima surat dari dina...
dia merenung..
lalu bima mutusin untuk memberitau riska tentang surat ini..
lalu riska menjelaskan semuanya..

"bim,,sebenarnya aku udah gak ada perasaan sama sekali sama kamu,,waktu itu dina udah cerita semua sama aku,,dina yang minta aku untuk mau balikan sama kamu..supaya dina bisa ngeliat kamu bahagia..dina sayang sama kamu tulus bim,,kamu lupain aku bim..kamu kejar dina..jangan kamu sia-siain orang yang tulus sayang sama kamu..dia perempuan terbaik buat kamu.."

"ya allah kenapa aku baru tau sekarang kalau dina sayang sama aku,,aku udah nyakitin perasaan dina..ris apa yang harus aku lakuin..semua udah terlambat.."

"dina gak pernah merasa kamu nyakitin dia,,kamu cari dina,,kamu kejar dina...gak ada kata terlambat bim.."

setelah bima tau semuanya,,bima mulai berusaha menghubungi dina,, dari sms,,telfn,,messege facebook,,mention twitter..tapi satu pun gak ada yang di balas dina..
saat bima kerumah dina ternyaa dina sudah pindah..
pikiran bima saat itu buntu..tapi tiba" dina meenelfon bima.

"bim maaf sms'a gak aku balas di sini sinyalnya buruk"

"iya gpp din..din aku minta maaf ..din sekarang aku sadar kamu perempuan terbaik buat aku.. kamu udah tulus sayang sama aku..din maafin aku kalau aku baru sadar sekarang..din aku sayang sama kamu..din tolong balik jangan tinggalin aku.."

"bim makasih kamu juga udah sayang sama aku,,aku baru bisa balik setahun lagi.. aku bebasin kamu kalau kamu ingin berhubungan sama perempuan lain kalau kamu gak sanggup nunggu aku"

"din aku akan tunggu kamu disini sampai kapan pun,, aku sayang sama kamu"
"aku juga sayang sama kamu bim..tunggu aku ya bim"
"iya aku akan selalu tunggu kamu  dan gak akan berpaling sama yang lain.."

akhirnya bima sadar dina lah perempuan yang terbaik buat dia..

*intinya: rasa sayang gak mengenal status.. bisa aja rasa sayang dateng ke sahabat/musuh kita sendiri..
makannya jangan sia siain orang orang yang sayang sama kalian sekalipun itu musuh kalian sendiri,,karna suatu saat nanti dialah cinta sejati kalian..

*THE END*

vilosofi cintaku

dari awal aku kenal sama kamu,,sedikitpun gak ada niat aku untuk suka sama kamu,,gak ada niat ku untuk sayang sama kamu..

saat kamu hadir dihidup ku,,yang aku rasa semua waktu mu cuma buat aku..
setiap hari senyumku yang gak bisa aku tahan terlepas begitu saja ketika kamu memuji diriku..
indah hari hariku saat kau ada disisku..
dan ya itulah yang ku rasa suka,,sayang,,bahkan takut kehilangan dia..
ya takut kehilangan dia!! itu hal yang paling aku takut..

terbesit sedikit kekhawatiran kalau dia tiba tiba pergi dari sisiku..

dan ternyata benar..makin hari dia makin jauh dariku,,tiap hari aku merasa ada seseorang yang akan merebut dia dariku..dan sampai akhirnya dia benar benar menghilang begitu saja dari sisiku..
SEDIH,,KECEWA,,GALAU,,itu semua yang ada dihatiku..
hari demi hari airmataku menetes berharap dia kembali padaku..
tapi APA??,,engga ,,engga sama sekali dia kembali untuk ku..
tapi kenapa perasaanku  tiap hari makin terasa sakit menahan rasa sayangku..
ku coba buang perasaan ini tapi sulit .. semakin ku berusaha melupakan dia..semakin sakit hati ini..

yang dulu hari hari ku selalu dihiasi senyuman karna kehadiran dia,,tapi sekarang hanya NANGIS,,NANGIS,,DAN NANGIS... mungkin ku akan berhenti menangis saat air mata ini mulai kering seiring berputarnya waktu..
ini namanya dunia yang selalu berputar..kadang bahagia dan kadang bersedih..

sekarang aku sadar ini dia yang namanya CINTA
cinta yang membawa kebahagiaan diawal
cinta yang membawa kesedihan disaat cinta itu pergi..
cinta yang mengajarkan arti kasih sayang..
dan cinta yang mengajarkan rasa benci dikala kau di khianati..

mungkin kata orang BULSHIT melihat orang kita sayang bahagia dengan orang lain..
tapi aku merasa bahagia disaat orang yang kusayang bahagia walau bukan dengan ku..
ya memang sakit,, tapi akan lebih sakit kalau aku memaksakan diriku untuk bisa menjadi miliknya..karna itu gak akan mungkin terjadi..

sekarang aku rela kau milik orang lain..disini memang hatiku menangis tapi suatu saat ku bertemu denganmu aku akan tesenyum untuk mu walau tanpa kau sadar hati ku meringis kesakitan ..
aku berharap kau mendapat seseorang yang bisa setiap hari berada di sisimu..

satu kalimat untuk mu
" I WILL ALWAYS LOVE YOU NOW AND FOREVER"

KISAH PENANTIAN CINTA

seorang gadis yang hidup di sebuah penantian cinta..
gadis itu bernama raynie...

tampilan beranda facebook malam ini kembali di buka oleh raynie..
eeeh ehh ada pesan satu!!!,,
dengan rasa heran  jarang jarang ada orang yang ngirim "messeges" ke raynie...
setelah di buka ternyata satu nama cowo yang satu sekolah dengan raynie
tapi raynie belum telalu kenal dengan cowo itu yang bernama tomi..
isi messege "thx ya dah di add"
(cuma pesan yang bagi ku itu sangat amat pendek)
isi balasan dari pesan ku "iya sama sama :)"
(jawaban yg amat singkat yg sesuai dengan isi pesan si tomi..)
keakrapan antara aku dan tomi akhirnya terjalin dari berbalas messege di facebook..
dan suatu saat iseng iseng aku buka profile ku temukan sebuah nomer hp 
ku coba hubungi no itu ternyata itu bener nomer hp tomi..

percakapan dalam sms..
raynie: "hey tomi ;)"
tomi: "hey jga,, siapa nih?"
raynie: "ini raynie,,tau kan?"
tomi: "oh ini ayni :),tau nomer tomi dari mana?"
(kebiasaan pas messege"n di facebook dia nulis nama ku aynie)
raynie: ''iya ini raynie,tau dari facebook,hehehe''
tomi: "oh,hehehe kamu lagi apa?"
terus pesan itu yang membuat sebuah perasaan muncul di hati raynie..
selama berbulan bulan kedekataan itu mulai di rajut..
sampai akhirnya tahun baru datang..
raynie mengirimkan sebuah sms iseng iseng yang berisi tawaran tahun baru 
balasan dari romi
romi: "aku mau no 1 hehehe"
(no 1 itu isi'a pengen jadi pacar)
raynie: "hehehe kamu yakin?"
tomi: "tapi aku maunya klo udah SMA..hehe"
raynie: "aku juga soal'a kan bentar lagi mo UN  aku blm mau pacaran dulu..hehe"
tomi: ''nah aku juga mikir begitu..yawdah nnti ajh yah klo udah lulus baru kita pacaran..
raynie: ''iya  iya deh..hehehe"
(pertemenan mereka semakin dekat semenjak obrolan mereka itu)
tapi setelah selang beberapa bulan tanpa sebab yang jelas tomi menjauh dari raynie,,
gak ada satu pun pesan yang dikirimkan tomi untuk raynie..
sms raynie pun gk di bales oleh tomi..
cemas,takut,sedih,sakit hati,semua perasaan campur aduk di dalam hati raynie bahkan di sekolah pun gk sedikit tatapan raynie di balas oleh tomi..

sampai suatu saat raynie mendengar berita dari teman teman'a kalo tomi lagi menyukai gadis teman sekelas'a raynie..
hati raynie kali ini benar benar sakit..semua janji janji yang di katakan tomi hancur seketika..

inila hasil dari sebuah penantiannya yang lama..

hanya dibalas dengan sebuah berita yang menyakitkaan bagi raynie..

dalam hati raynie berkata..
"apakah masih ada harapan untuk memperbaiki hubungan aku dengan tomi..masih ada kah kesempatan untuk mewujudkan keinginanku tuk menjadi pacarnya setelah lulus SMP nnti..
ah itu mustahil..untuk melihat ku ajah dia tak mau..
membalas sms ku pun engga..
apa harus ku lanjut kan penantian ku ini..
masih sanggup kah hatiku menahan sakitnya luka di hati ku..
ingin ku teriak sekenceng kencengnya.. AKKKUUUUU GGKKKKK SAAANGGGUUPP !!!!!!! "

air mata gk terbendung lagi di mata ku...
sekarang aku hanya bisa menunggu,,MENUNGGU,,DAN MENUNGGUUUU.....
SAMPAI PENANTIAN KU ITU TERJAWAB...